3 Lagu Daerah Terpopuler 2018

Saat ini merupakan saat-saat maraknya band-band dan lagu yang ngehits, dimana era ini merupakan eranya anak muda. Dengan perkembangan ini hampir semua media menyuguhkan beaneka hiburan, dan adanya perkembangan ini membuat banyak anak muda yang melupakan lagu daerah masing-masing. Mungkin bila mereka diajukan pertanyaan mengenai lagu-lagu nusantara, belum tentu mereka semua tahu atau malah tidak hafal.

Untuk tetap menjaga kelestarian lagu-lagu ini, kami akan membagikan lagu-lagu yang masih populer hingga hari ini. Dari kesekian banyak lagu, tentu peran orang tua sangat penting untuk menjaga dan memperkenalkan lagu kepada anak-anaknya. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini lagu-lagu nusantara beserta penjelasannya.

  1. Ampar-ampar pisang

Lagu ini merupakan lagu daerah yang paling populer saat ini, ini merupakan lagu yang berasal dari provinsi kalimantan selatan. Lagu ini diciptakan oleh hamiedan ac, yang menceritakan tentang sebuah pisang yang dilempar dan dikerubuti hewan kecil yang terbang. Masyarakat kalsel mengenal hewan kecil tersebut dengan nama bari-bari, hingga akhir lagu yang menceritakan tentang hewan yang ditakuti yang bernama biawak. Konon bersumber dari cerita rakyat, kata dikitip bidawang digunakan untuk menakut-nakuti anak yang suka mencuri pisang.

  1. Anak kambing saya

Anak kambing saya ini merupakan lagu yang berasal dari nusa tenggara timur, yang dinyanyikan secara bersahutan. Lagu ini sering kita dengarkan memiliki sedikit perbedaan dari aslinya, hal itu karena adanya modifikasi untuk mempertahankan kepopuleran di mata anak-anak.

  1. Cublak cublak suweng

Lagu ini adalah lagu yang berasal dari jawa timur, saat ini banyak anak-anak yang masih sering menggunakan lagu ini untuk bermain permainan tradisional. Permainan ini biasanya dilakukan dengan cara pemainnya tertelungkup, kemudian pemain lainnya menempelkan telapak tangannya di atas yang tertelungkup tadi. Orang yang tertelungkup, harus berhasil menjawab jari apa yang ditempelkan di punggungnya.

Itulah ketiga lagu daerah yang masih populer hingga detik ini, dan untuk orang tua sang anak haruslah turut membantu kelestarian lagu nusantara ini. Sekian dan semoga artikel diatas bisa membantu anda untuk mengenalkan pada anak anda.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *