Cara Mengatasi Driver Printer Yang Hilang

Driver merupakan salah satu bagian yang tidak boleh tertinggal dalam Laptop atau Komputer yang sehari-hari Anda pergunakan dirumah atau saat aktifitas di kantor ketika bekerja dan berbisnis, namun jika salah satu Driver yang ada dalam komputer kondisi kurang maksimal atau salah satu driber menghilang dengan sendirinya, maka kalian harus mengintall ulang. Mengatasi  hal tersebut terdapat beberapa tips cara mengembalikan Driver ke semula.

Driver Printer
Driver Printer

Bagaimana Cara Mengatasi Driver Printer Yang Hilang

Penyebab hilangnya salah satu driver biasanya ketika melakukan install ulang windows tetapi lepa memback up driver biasanya problem seperti ini akan menjadikan timbulnya masalah dan membuat pusing karena di pastikan Anda harus mencari atau mendownload ulang driver yang di butuhkan, untuk mengatasi hal diatas terdapat solusi untuk memecahkan masalah hilangnya driver dalam sebuah komputer atau laptop.

Berikut ini tips mencari driver Windows yang hilang di Laptop dan Komputer

  • Yang pertama an Anda da harus melakukan klik kanan pada My Computer Laptop atau Komputer Properties.
  • Nanti akan muncul System selanjutnya kalian bisa klik Device Manager akan muncul halaman Device Manager, lihatlah terdapat ebebrapa driver yang masih tanda tanya berwarna kuning yang artinya driver tersebut belum di install, klik kanan salah satu driver yang belum terinstall, klik Poperties.
  • Setelah muncul halaman PCI Device Properties kalian bisa klik Details di Property pilihlah Device Instance Path dan Copy kode yang ada dalam Value.

Selanjutnya kalian bisa membuka salah satu website yang menyediakan driver gratis yaitu nanti akan segera munculya web, kemudian kode yang sudah di copy pastekan ke dalam tempat tersebut.

Nanti akan muncul penampilan dalam driver dan tinggal pilih salah satu lalu download dan yang terakhir Anda hanya perlu meng install ke dalam Laptop atau Komputer.

Apabila driver yang sudah di install sukes selanjutnya anda lihat kembali status dalam Device Managernya apakaha masih tanda tanya atau tidak, jika sudah hilang berarti driver sudah oke tetapi apabila masih tanda tanya kalian harus mencari dan download driver yang lainnya.

Terkadang ketika kita akan menggunakan sebuah printer sedikit dibuat bingung karena printer baru yang sudah di beli tidak terdeteksi oleh komputer. Atau printer yang sudah terbiasa kita pakai tiba-tiba tidak dapat digunakan lagi. Ini bisa terjadi di berbagai jenis printer, baik itu canon, hp, epson, samsung, maupun brother. Anda tidak perlu panik, mungkin tips diatas bisa mengatasi printer yang sulit terdeteksi tersebut.

Pastikan kabel usb printer sudah terpasang dalam sebuah printer dan di port usb milik komputer atau laptop, ini merupakan pengecekan fisik pertama yang harus dijalankan. Kemudian pastikan juga kabel tersebut dalam kondisi baik, jika kabel tersambung tapi dalam kondisi putus tentu tidak akan berguna dengan baik.

Pastikan Driver Printer sudah ter-install dengan benar dan baik, jika driver belum terinstall, maka kemungkinan printer kalian belum bisa digunakan, terutama pada printer-printer baru yang belum terdaftar dalam sistem operasi. Jika kalian akan memasang sebuah driver, pastikan driver tersebut sesuai dengan printer yang kalian miliki, perbedaan seri printer bisa menyebabkan printer tidak dapat berjalan dengan optimal. Jika ternyata driver sudah ada, dan dicurigai bahwa driver itu rusan, Anda bisa coba uninstall terlebih dahulu, setelah itu di install ulang.

Demikian ulasan mengenai cara mengembalikan driver dalam sebuah komputer, selamat mencoba agar komputer Anda sempurna. Semoga artikel kali ini membawa banyak manfaat di dalamnya.