Manfaat Mangga untuk Kesehatan

Buah tropis ini menyegarkan, juicy dan lezat, dan seperti kebanyakan buah, ini memiliki beberapa manfaat gizi yang besar. Baca terus untuk menemukan mengapa mangga sangat baik untuk Anda dan sangat segar untuk anda nikmati.

Apa itu mangga?

Mangga adalah buah-buahan tropis, gemuk dan lonjong dalam bentuk dan seukuran buah grapefruit. Mangga memiliki kulit yang tidak dapat dimakan dan memiliki warna dari kuning ke hijau hingga merah-hijau, tergantung pada varietas, sementara di dalamnya adalah daging kuning yang lunak dan dapat dimakan dan batu yang sulit dimakan.

Mangga hanya tumbuh di iklim yang hangat. Mereka asli Asia Selatan, tetapi mereka sekarang tumbuh di negara lain termasuk Amerika Serikat, Meksiko, dan Karibia.

Ada beberapa varietas termasuk Kent dan Keitt yang biasa terlihat di supermarket Inggris.

Manfaat gizi dari mangga

Mangga adalah buah rendah kalori yang tinggi serat , dan merupakan sumber vitamin A dan C. Ini juga mengandung folat, B6, zat besi dan sedikit kalsium , seng dan vitamin E. Mangga adalah sumber antioksidan yang baik, mengandung phytochemical tertentu seperti gallotannins dan mangiferin yang telah dipelajari untuk manfaat kesehatannya.

Hanya 80g mangga (irisan 2 x 2 inci) dihitung sebagai salah satu dari lima hari Anda. Satu porsi ini akan menyediakan 53 kalori, 11g gula yang terjadi secara alami dan lebih dari 2g serat.

Apakah buah mangga baik untuk pencernaan?

Ada sebuah studi percontohan pada tahun 2018 di mana orang dengan sembelit kronis masing-masing diberi mangga selama periode 4 minggu, dan hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang makan mangga melihat peningkatan yang signifikan dalam gejala sembelit mereka , sebagian karena kandungan serat tetapi berpotensi dari senyawa spesifik mangga lainnya juga. Menariknya, daun pohon mangga telah dipelajari dan menawarkan aktivitas antidiare yang potensial berkat ekstrak tanamannya.

Penelitian sebelumnya oleh Journal of Nutrition juga menemukan bahwa tikus yang memiliki obesitas tinggi lemak, yang diinduksi diet telah meningkatkan mikroflora usus setelah menambahkan mangga ke dalam makanan mereka. Sekali lagi, ini sebagian karena kandungan serat mangga yang tinggi.

Banyak phytochemical buah berada di kulit, dan hal yang sama berlaku untuk mangga. Sebuah studi 2012 mengamati kulit buah mangga dan menyimpulkan bahwa mereka mungkin memainkan peran dalam mencegah obesitas .

Fitokimia mangga juga telah dipelajari untuk efek gastroprotektif mereka, menawarkan sifat anti-inflamasi dan antioksidan untuk sistem pencernaan, dan bahkan dapat membantu mengurangi peradangan dalam kondisi seperti kolitis ulserativa.

Bisakah mangga membantu menjaga kesehatan kulit & rambut?

Mangga mengandung kadar yang baik dari kedua vitamin A dan C.

Vitamin C terlibat dalam pembentukan kolagen – protein yang memberikan elastisitas kulit. Vitamin C adalah salah satu antioksidan yang paling penting, memainkan peran protektif terhadap kerusakan lingkungan ; kekurangan vitamin C dapat mempengaruhi penyembuhan luka dan meningkatkan garis-garis halus dan kerutan. Rambut kita juga membutuhkan vitamin C baik untuk produksi kolagen dan juga untuk membantu penyerapan zat besi – mineral penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut.

Semua sel membutuhkan vitamin A untuk pertumbuhan, termasuk kulit dan rambut – dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa itu mungkin menawarkan potensi efek perlindungan terhadap tanda-tanda penuaan . Salah satu peran kunci vitamin A dalam kesehatan rambut dan kulit adalah keterlibatannya dalam produksi sebum , zat berminyak yang melembabkan kulit dan kulit kepala kita.

Apakah buah mangga bagus untuk jantung?

Sebuah penelitian pada tahun 2016 menunjukkan bahwa salah satu fitonutrien dalam mangga, mangiferin, menawarkan manfaat perlindungan jantung termasuk mengurangi peradangan.

Makan makanan yang seimbang dan bervariasi yang mencakup lima porsi sayuran dan buah, seperti mangga, dapat membantu menjaga jantung Anda tetap sehat .

Cara mematangkan dan menyimpan mangga

Mangga tidak boleh dimasukkan ke dalam lemari es sampai matang, jadi letakkan saja buah mentah pada suhu kamar selama beberapa hari atau Anda dapat menempatkannya di dalam kantong kertas untuk mempercepat prosesnya. Segera setelah mereka matang, simpan di lemari es hingga lima hari. Untuk mengetahui apakah sudah matang, tekan saja dengan lembut – seharusnya terasa lembut dan Anda mungkin bisa mencium aroma manis dari ujung batang buah.

.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *